Close

February 25, 2017

MasyaAllah, Ternyata Hukum dan Keutamaan Ibadah Haji & Umroh Sangat Luar Biasa

Keutamaan Haji dan Umroh

Hukum Haji Umroh – Haji merupakan salah satu rukun islam yang kelima. Ibadah haji wajib dilaksanakan bagi umat muslim yang mampu, baik itu dari segi finansial maupun dari segi fisiknya. Sebelum berangkat Haji, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa hukumnya Haji. Selain itu agar Ibadah Haji kita diterima oleh Allah swt kita harus mengetahui syarat dan rukun mengenai Ibadah Haji.

Dalam artikel ini kita akan coba mengulas mengenai ibadah haji dan umroh. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya.

Hukum Melaksanakan Ibadah Haji

Hukum Haji

500px.com

Hukum melaksanakan ibadah haji adalah fardu’ain atau ibadah yang diwajibkan kepada setiap muslim yang mampu, baik itu secara finansial maupun secara fisik dan mental.

Namun masih banyak saudara-saudara kita diluar sana yang dari segi finansial mampu namun hatinya belum tersentuh untuk menunaikan ibadah haji. Adapula yang sebaliknya, mereka yang dari segi finansial sangat kurang akan tetapi memiliki keinginan yang kuat untuk melaksanakan ibadah haji ini.

Lalu, bagaimana hukumnya ibadah Haji yang sebenarnya ?

Allah swt berfirman dalam Q.S Ali Imran 97 :

Dalil Umroh

Selain dari firman Allah swt diatas, Rasulullah saw pernah bersabda :

“Islam dibangun di atas lima, kesaksian bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan bahwa Muhammad utusan Allah, mendirikan Shalat, membayar Zakat, Haji ke Baitullah, dan Puasa d bulan Ramadhan.” – Muttafaq ‘Alaih

Dari penjelasan diatas dapat kita ambil kesimpulan, bahwa Ibadah Haji itu merupakan suatu kewajiban bagi kaum muslimin yang mampu. Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, boleh enggak melakukan Ibadah Haji lebih dari satu kali ?

Hadist riwayat dari Abu Daud, Ahmad, dan di Shohihkan oleh Al-Hakim.

“Haji itu sekali dan barang siapa melakukannya lebih dari sekali maka itu sunnah.”

Jadi berdasarkan hadist di atas, hukum Haji lebih dari sekali adalah Sunnah, namun Haji itu di sunnahkan jika dikerjakan sekali dalam setiap lima tahun.

Hadist qudsi riwayat dari Ibnu Hibban dan Al-Baihaqi.

“Sesungguhnya telah Aku buat sehat badannya dan Aku lapangkan rezekinya, lima tahun berjalan padanya, tapi ia tidak datang kepada-Ku dalam keadaan Ihram (Haji).”

Keutamaan Ibadah Haji

Hukum Umroh

500px.com

Melaksanakan ibadah Haji di tanah suci memiliki beberapa keutamaan, diantaranya adalah :

  1. Ibadah haji bisa menghapus dosa-dosa kecil dan besar yang pernah kita lakukan sebelum berangkat haji.
  2. Menunaikan ibadah Haji mendapatkan pahala seperti berjihad di jalan Allah swt.
  3. Orang yang menunaikan ibadah haji adalah tamu Allah swt. Jadi apapun doa dan permintaannya akan dikabulkan oleh Allah swt. Tentunya harus sesuai dengan syariat Islam.
  4. Orang yang berhaji doanya akan terkabulkan sampai selesai. Jadi jika melaksanakan haji selama 1 bulan, maka selama itulah doa-doanya akan maqbul. Hal ini juga harus dilandasi dengan niatnya.
  5. Biaya yang digunakan untuk melaksanakan ibadah Haji laksana membiayai perang di jalan Allah swt, dengan nilai yang didapatkan 700 kali lipat.
  6. Pengeluaran biaya yang digunakan ketika melaksanakan ibadah Haji tidak akan membuat orang yang melaksanakannya menjadi miskin, akan tetapi menjadi semakin bertambah.
  7. Orang yang menunaikan ibadah Haji akan selalu mendapatkan pertolongan dari Allah swt, seperti prajurit perang yang berjuang di jalan Allah swt, suami istri alias, dan budak mukatab.
  8. Orang yang melaksanakan ibadah Haji bisa memberikan syafaat kepada 400 keluarganya yang lain.
  9. Orang yang menunaikan ibadah Haji akan mendapatkan ampunan dari Allah swt, walaupun orang yang dzholim sekalipun.
  10. Orang yang melaksanakan ibadah Haji akan diampuni begitu pula dengan orang yang dimohonkan ampunannya kepada Allah swt. 
  11. Orang yang menunaikan iabdah Haji ketika di Arofah oleh Allah swt dibangga-banggakan kepada para malaikat-Nya.
  12. Orang yang berhaji tentunya menjadi ahli surga.

Keutamaan Haji diatas tentunya diperuntukkan untuk orang-orang yang beriman. Jadi jika ada orang yang melaksanakan Haji hanya untuk sombong dengan orang lain, maka tentunya tidak akan mendapatkan keutamaan ibadah Haji tersebut.

Hukum Melaksanakan Ibadah Umroh

Suplemen Haji Umroh

500px.com

Hukum melaksanakan ibadah umroh adalah sunna yang diwajibkan, sebagaimana Firman Allah swt dalam Q.S Al-Baqarah 196 :

“Dan sempurnakanlah Ibadah Haji dan Umroh karena Allah …… “

Keutamaan Ibadah Umroh

Keutamaan Umroh

500px.com

Ibadah umroh merupakan sebuah alternatif bagi mereka yang belum diberikan kesempatan untuk berhaji ke tanah suci. Terlebih lagi bagi masyarakat Indonesia, sistem kuota membuat antrian untuk menunaikan ibadah Haji cukup lama.

Meski bukan yang paling utama, ibadah Umroh tidak kalah istimewanya dengan Haji. Berikut ini adalah penjelasan mengenai keutamaan ibadah Umroh.

1. Ibadah Umroh yang Satu kepada Umroh Berikutnya Adalah Kaffaroh atau Penghapus Dosa

Allah swt akan menghapus dosa-dosa kita diantara pelaksanaan umroh yang satu dengan umroh berikutnya. Sederhananya begini, jika 3 tahun lalu kita sudah melaksanakan ibadah umroh, selanjutnya tahun depan diberi kesempatan lagi untuk melaksanakan ibadah Umroh. Maka dosa-dosa diantara kedua waktu tersebut dosa kita akan diampuni oleh Allah swt.

2. Umroh Adalah Jihad untuk Para Wanita dan Orang yang Lemah

Untuk para kaum wanita serta untuk mereka yang lemah fisiknya pada masa Rasulullah saw, tidak bisa ikut untuk berjihad atau berperang di jalan Allah swt. Namun mereka masih bisa mendapatkan fadillah pahala jihad dengan cara melaksanakan ibadah Umroh di tanah suci.

3. Jamaah Umroh Adalah Tamu-Tamu Allah yang Doanya Dikabulkan

Ibadah Haji dan Umroh menjadi sebuah ibadah yang sangat istimewa karena orang yang datang ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah tersebut merupakan tamu Allah swt sehingga apa yang diminta oleh sang tamu maka akan dikabulkan oleh Allah swt. Ini merupakan salah satu keistimewaan ibadah umroh di tanah suci.

4. Wafat Saat Menjalankan Ibadah Umroh Pahalanya Dicatat Sampai Hari Kiamat

Keutamaan orang yang wafat dalam pelaksanaan ibadah haji dan umroh, serta keutamaan orang yang wafat dalam keadaan berihram akan mendapatkan anugerah pahala yang sangat luar biasa dan dicatat sampai hari kiamat.

5. Ibadah Umroh Bisa Menghilangkan Kefakiran

Jika kita melihat saudara kita yang telah pulang dari tanah suci maka akan terlihat kehidupannya akan semakin lebih baik dari pada yang sebelumnya, rezekinya akan terus mengalir dan keluarganya bertambah berkah, itulah salah satu keutamaan orang yang melaksanakan ibadah haji dan umroh. Tentunya hal tersebut dapat tercapai jika Anda menjalani ibadah haji dan umroh sesuai dengan syariat islam.

6. Menghapus Dosa Antara Dua Umroh

Sholat di masjid Quba mempunyai keutamaan yang sangat luar biasa. Menurut hadist Nabi Muhammad saw yang diriwayatkan oleh Abu bin Sahl Hunaif, ia pernah mendengar rasulullah saw bersabda.

” Barangsiapa bersuci dirumahnya, kemudia mendatangi Masjid Quba, lalu ia sholat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala umroh.” (HR. Tirmizi No. 298, Ibnu Majah No. 1401)

Masjid Quba ini letaknya di luar kota Madinah. Jadi mengingat keutamaan sholat di Masjid Quba sangat luarbiasa. Maka jika kita sudah berada di Madinah dalam rangka menjalankan ibadah Haji atau Umroh, jangan lupa untuk melakukan sholat di Masjid Quba.

Hukum Haji Umroh

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda