Perbedaan Haji dan Umroh Menurut Islam

7+ Persiapan yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Berangkat Haji atau Umroh

Persiapan Haji dan Umroh – Ibadah haji merupakan ibadah yang hanya diwajibkan bagi mereka yang telah mampu, karena memang tidak semua umat muslim memiliki kemampuan untuk melaksanakan ibadah haji. Mampu yang dimaksud di sini adalah mampu dalam segala hal. Karena ibadah umrah dan haji merupakan ibadah yang sangat membutuhkan banyak persiapan, tidak hanya persiapan dari segi finansial saja, akan tetapi juga persiapan diri baik itu secara fisik maupun secara mental. 

Dalam artikel ini kita akan sharing persiapan apa saja yang harus dilakukan agar ibadah haji atau umroh kita bisa lancar dan khusyuk. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Persiapkan Niat yang Benar, Hanya Mengharap Ridho Allah SWT

Umroh
500px.com

Sebelum memutuskan untuk berangkat ke tanah suci dan mempersiapkan hal lain, hal pertama yang harus Anda dipersiapkan adalah niat. Luruskan niat pergi ke tanah suci untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima, untuk memenuhi panggilan Allah dan hanya mengharapkan ridho-Nya.

Jika niat Anda bukan untuk ibadah, maka sebaiknya Anda harus merubah niatan tersebut. Seperti misalnya ingin foto-foto, jalan-jalan, mendapatkan gelar Haji, agar terpandang di masyarakat, dan sebagainya. Fokuskan saja niat untuk beribadah kepada Allah.

2. Persiapan Fisik, Lakukan Olahraga Secara Rutin

Haji
500px.com

Olahraga fisik sangat dibutuhkan untuk menjaga kondisi badan kita agar tetap sehat selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Lakukan persiapan olahraga fisik, seperti rutin berlari pagi atau berjalan kaki.  

Kondisi badan yang sehat juga akan berguna untuk mengatasi panasnya cuaca di tanah Arab. Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan iklim terik di siang hari dan dingin yang menusuk di malam hari, biasanya akan mudah drop. Maka dari itu, persiapkan kondisi fisik semaksimal mungkin.

3. Mengkonsumsi Suplemen Haji dan Umroh

Susu Haji Sehat
suplemenhajiumroh.id

Sangat disayangkan sekali jika Anda sakit pada saat melaksanakan ibadah haji dan umroh. Waktu ibadah Anda akan terbuang sia-sia. Selain olahraga fisik, mengkonsumsi suplemen juga tidak kalah pentingnya. Salah satu suplemen untuk Jamaah Haji dan Umroh di Indonesia yang sangat terpercaya adalah Susu Haji Sehat.

Susu Haji Sehat merupakan suplemen yang terbuat dari susu kolostrum sapi New Zealand, yang merupakan salah satu sapi terbaik di Dunia. Apa saja sih menfaatnya Susu Haji Sehat ? Silahkan klik : Manfaat Susu Haji Sehat

Informasi dan Pemesanan : 082138758885 (Telkomsel)

4. Persiapkan Ilmu Agar Ibadah Lebih Khusyuk

Persiapan Haji dan Umroh
500px.com

Setiap amalan yang kita lakukan pasti ada kaitannya dengan ilmu. Amal yang dilakukan tanpa ilmu, maka amal tersebut akan sia-sia atau bahkan bisa tertolak. Oleh karena itu, sangat penting untuk membekali diri dengan ilmu sebelum melaksanakan ibadah haji dan umroh. Mungkin sejak beberapa bulan sebelumnya, Bapak/Ibu sudah pernah melaksanakan manasik haji.

Namun manasik haji saja tidaklah cukup, kita juga harus membekali diri dengan ilmu-ilmu yang tidak hanya berkaitan dengan praktik saja. Rajin membaca ayat Al-quran tentang haji, membaca siroh nabawiyah untuk mengetahui bagaimana Rasulullah SAW berhaji, dan membaca buku saku yang telah diberikan oleh pemandu juga merupakan salah satu ikhtiar kita untuk memperbanyak ilmu.

Tentu semua itu dilakukan untuk membekali diri kita dengan pengetahuan-pengetahuan tentang haji dan umroh agar ibadah haji ataupun umroh yang kita jalani sesuai dengan tuntunan syariat dan dapat diterima di sisi Allah SWT. 

5. Persiapkan Mental untuk Segala Kemungkinan yang Dapat Terjadi

Persiapan Umroh
500px.com

Seringkali, kita mengekspektasikan bahwa di tanah suci itu begini atau begitu, dan ketika sampai di sana, ternyata jauh dari apa yang telah diekspektasikan, akhirnya mengeluh. Siang, mengeluh kepanasan. Malam, mengeluh kedinginan. Bertemu orang asing, mengeluh karena berbeda budaya. Dan lain-lain.

Mental yang kuat sangat dibutuhkan untuk menjaga hati kita tetap tunduk dan tenang selama menjalankan ibadah haji ataupun umroh. Harus banyak banyak belajar ikhlas dan menerima.

6. Manajemen Waktu

Persiapan Umroh Wanita
500px.com

Jangan sampai ketika Anda berada di sana, Anda kaget dengan kebiasaan orang-orang Arab dan orang-orang dari seluruh dunia yang berbeda karakter dan fisiknya dengan kita. Maka dari itu, penting juga untuk mempelajari kebiasaan dan budaya mereka sebagai persiapan haji dan umroh.

Misalnya, orang-orang di sana akan segera pergi ke masjid ketika adzan telah berkumandang, bahkan sebelum adzan berkumandang. Kalau tidak buru-buru, bisa-bisa Anda tidak mendapatkan shaf di depan. Maka penting untuk mengetahui waktu-waktu sholat di sana, dan jadikan watu-waktu tersebut sebagai patokan untuk melakukan aktifitas selama berada di tanah suci.

7. Persiapkan Barang Bawaan Seperlunya, Jangan Berlebihan

Persiapan Umroh Pria
500px.com

Persiapkan barang bawaan jauh-jauh hari sebelum hari H, jangan sampai ada barang bawaan Anda yang lupa terbawa. Meski begitu, bukan berarti Anda harus membawa banyak barang, cukup bawa seperlunya saja. Jika Anda membawa barang terlalu banyak, maka akan merusak kekhusyukan Anda dalam beribadah. Bagaimana tidak, yang di ingat hanya barang bawaan, alias takut hilang. 

8. Membuat Target Ibadah, Catat !

Persiapan Haji
500px.com

Tidak ada salahnya jika Anda membuat target ibadah selama menjalankan Ibadah Haji dan Umroh. Akan lebih baik lagi jika target tersebut dicatat, karena kalau tidak dicatat kemungkinan untuk lupanya sangat besar.

Sangat disayangkan banget kalau jauh-jauh ke Arab akan tetapi dari segi kualitas ibadah sama saja seperti di Indonesia. Jadi menentukan target ini sangatlah penting sekali. Misalnya saja, tentukan amalan yang mau kamu lakukan selama disana, kemudian doa-doa yang harus kamu panjatkan disana apa saja. Walaupun kelihatannya sepele, tapi hal tersebut akan berdampak besar sekali ketika Anda pulang dari tanah suci.

Itulah beberapa persiapan haji dan umroh yang harus Anda persiapkan dengan baik sebelum keberangkatan ke tanah suci. Persiapan tersebut harus dilakukan demi kelancaran ibadah haji atau umroh Anda. Semoga dapat bermanfaat, berbagi itu sangat indah. Silahkan di share 🙂

 

Persiapan Haji dan Umroh

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda